A Heavy Coffee Drinker

7 Tips Mendampingi Anak Belajar di Rumah

Sejak pandemi melanda di seluruh belahan bumi, tugas orangtua dalam mendampingi anak belajar menjadi lebih menantang. Pasalnya kegiatan belajar yang biasanya berlangsung di sekolah otomatis harus dihentikan, berganti dengan kegiatan belajar jarak jauh yang dilakukan dari rumah masing-masing. Bagaimana jika nanti kegiatan belajar tatap muka di sekolah sudah kembali berjalan normal? Tentunya orang tua punya kewajiban yang sama untuk tetap mendampingi anak belajar saat di rumah. 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mendampingi anak belajar di rumah. Apa sajakah itu? Yuk simak informasinya di bawah ini ya!

  • Buat Jadwal Kegiatan Harian Anak 

Jika anak sudah cukup besar, ajak untuk membuat jadwal kegiatan harian bersama-sama. Adanya jadwal kegiatan harian membuat anak dapat memprediksi apa saja kewajibannya hari itu serta memprediksi kegiatan apa yang harus dilakukan selanjutnya. Buat jadwal dengan format yang menarik dan letakkan di tempat yang mudah dilihat oleh seluruh anggota keluarga. 

  • Kenali Metode Belajar Anak 

Setiap anak istimewa karena dibekali dengan bakat dan kemampuan yang berbeda. Sehingga orangtua perlu bereksperimen dan mengidentifikasi metode belajar seperti apa yang paling sesuai dengan anak. Secara umum metode belajar anak dibagi ke dalam tiga kelompok yaitu visual, pendengaran atau auditori, dan gerakan atau kinestetik.

  • Bekerjasama dengan Pasangan 

Berbagi peran dengan pasangan dalam proses mendampingi anak belajar juga tidak kalah penting. Pembagian peran bisa disesuaikan dengan fleksibilitas waktu masing-masing. Misalnya ibu bertugas mendampingi di pagi hari dan ayah di malam hari. Atau sesuaikan dengan keahlian masing-masing, bisa jadi ayah lebih jago Matematika sedangkan ibu lebih ahli dalam Bahasa Inggris. 

  • Ciptakan Suasana Belajar yang Kondusif 

Membuat supaya suasana belajar di rumah benar-benar ideal memang tidak mudah. Namun orangtua dapat mengusahakan beberapa hal supaya situasi belajar jadi lebih nyaman. Siapkan meja dan kursi khusus untuk keperluan anak belajar. Pastikan koneksi internet lancar, jika perlu siapkan juga kuota internet cadangan. Tidak lupa siapkan minuman dan camilan agar anak tidak bosan. 

  • Ajak Anak Berdiskusi Setelah Belajar 

Setelah sesi belajar selesai, tanyakan pada anak mengenai materi yang dipelajarinya hari itu. Apakah ada kesulitan atau kendala yang dialami. Bila perlu orangtua bisa meminta anaknya untuk menjelaskan ulang materi yang diberikan dengan bahasanya sendiri. Evaluasi ini juga dapat menjadi bahan diskusi dengan pihak sekolah terkait kemajuan dan perkembangan anak. 

  • Beri Apresiasi pada Anak 

Dukungan dari orang terdekat membantu anak untuk tetap semangat belajar. Salah satu wujudnya yaitu dengan menghargai setiap proses yang dilakukan anak. Berilah pujian-pujian kecil untuk setiap hal positif yang mereka lakukan. Misalnya saat anak tertib belajar sesuai jadwal, mampu menyelesaikan tugasnya atau merapikan peralatannya usai belajar. 

  • Saling Dukung Sesama Orangtua 

Akan lebih baik jika orangtua memiliki semacam grup dukungan (support group). Grup dukungan ini dapat menjadi sarana orangtua untuk saling berbagi sekaligus bersama-sama mencari solusi atas kendala yang dihadapi saat melakukan pendampingan belajar anak.

Nah, itulah berbagai tips yang dapat diaplikasikan oleh orangtua dalam mendampingi anak belajar di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *